Selamat Datang

Rabu, 05 Januari 2011

Aroma Tuhan


Angin dingin menari-nari pada tengah malam di kota Dallas, seorang dokter dari sebuah rumah sakit kecil masuk ke ruangan Diana Blessing yang nampak masih terpengaruh pasca operasi. David suaminya memegang tangannya dan mempersiapkan diri untuk sebuah berita terbaru pasca operasi pada isterinya.

Sore itu tanggal 10 Maret 1991, komplikasi telah memaksa Diana yang hamil 24 minggu untuk menjalani bedah Caesar darurat dan memberikan mereka seorang puteri, Danae Lu Blessing namanya, panjang 12 inci dan beratnya hanya 1 pound 9 ons. Mereka sudah mengerti kalau dia dalam kondisi premature yang serius. Namun tetap aja kata-kata lembut dokter itu meluncur seperti bom.

“Saya tidak berfikir kalau dia akan selamat,” katanya, ramah seperti biasa. “Hanya ada peluang 10% Dia akan hidup dan melewati malam ini, atau bahkan jika ada kesempatan hiduppun, masa depannya akan kelam dan suram, masa depannya akan menjadi sesuatu yang sangat kejam.”

Dokter menggambarkan permasalahan yang terjadi, sementara David dan Diana mendengarkan hal-hal yang mukin akan dihadapi Danae jika Dia bisa selamat. Diana tidak akan bisa berjalan, Dia tidak akan pernah bisa bicara, Dia mungkin akan buta, Dia akan sangat rentan terhadap kondisi catastrophic dari Cerebral Palsy sebagai kelengkapan dari keterbelakangan mental, dan seterusnya. “Tidak ! Tidak !” hanya itu yang sanggup diucapkan Diana. Dia dan David serta Dustin putera mereka yang berusia 5 tahun, sudah lama memimpikan sebuah keluarga yang terdiri dari mereka berempat. Sekarang, dalam hitungan jam, mimpi itu menjauh.

Melewati pagi, masa kelam Danae bagaikan hidup bergantung pada benang tipis. Diana yang masih dalam pengaruh obat bius, masih mengharapakan anak mereka akan tumbuh menjadi gadis muda yang sehat dan bahagia. Tetapi David, sepenuhnya terjaga dan mendengarkan rincian yang mengerikan dan kesempatan puteri mereka meninggalkan rumah sakit dalam keadaan hidup, apalagi sehat, David harus menghadapi respon isterinya dan itu tidak terelakan.

“Pada saat itu David mengatakan bahwa kita perlu membuat persiapan pemakaman,” kenang Diana. “Saya merasa sangat kecewa padanya karena Dia melakukan semuanya, dan mengajakku dalam apa yang terjadi, tetapi aku tidak mau mendengar, aku tidak bisa mendengarkan, aku berkata, Tidak, itu tidak mungkin, tidak akan terjadi! Saya tidak perduli apa yang dikatakan dokter, dia akan baik-baik saja, dan dia akan pulang bersama kami!”

Seolah-olah menjawab tekad Diana, Danae melewati waktu demi waktu, dengan bantuan mesin dan peralatan medis, tubuh mini itu secara mengagumkan bisa bertahan. Tetapi seperti hari-hari awal, penderitaan baru bagi David dan Diana mulai muncul. Karena system saraf danae pada dasarnya mentah, setiap ciuman dan belaian kasih sayang hanya membuahkan ketidak nyamanan bagi danae. Sehingga mereka tidak bisa membagikan kekuatan cinta yang mereka miliki. Yang terjadi adalah Danae berjuang sendirian dibawah sinar ultra-violet dalam tabung dan perlengkapannya. Hanyalah doa kepada Tuhan dan tinggal didekat gadis kecil mereka yang berharga.

Hal yang tak pernah diperkirakan sebelumnya, saat Danae tumbuh menjadi kuat, seminggu berlalu, dia memperoleh ons berat badannya dan ons bagi kekuatannya.

Akhirnya, ketika Danae berusia dua bulan, orang tuanya mampu memeluknya dalam pelukan mereka untuk pertama kalinya. Dan dua bulan kemudian, dengan lembut dokter terus memperingatkan peluang hidupnya masih suram, apalagi menjadi normal, Danae pun pulang dari rumah sakit, seperti ibunya perkirakan.

Hari ini, lima tahun kemudian, Danae  adalah seorang gadis muda mungil tapi penuh semangat dengan mata bersinar abu-abu dan semangat terpadamkan bagi kehidupan. Dia tidak menunjukkan tanda-tanda, apapun, dari setiap cacat mental atau fisik. Cukup, dia adalah segalanya, seorang gadis kecil yang mendapat lebih-tapi happy ending masih jauh dari akhir ceritanya.

Suatu sore terik di musim panas 1996 dekat rumahnya di Irving, Texas, Danae sedang duduk di pangkuan ibunya di bangku sebuah taman bola lokal di mana tim baseball kakaknya Dustin sedang berlatih. Seperti biasa, Danae sedang mengobrol non-stop dengan ibunya dan beberapa orang dewasa lainnya duduk di dekatnya ketika ia tiba-tiba terdiam.

Memeluk tangannya di dada, Danae bertanya, "Apakah mama menciumnya?"
 Bau udara dan mendeteksi pendekatan badai, Diana menjawab, "Ya, baunya seperti hujan." Dana menutup matanya dan kembali bertanya, "Apakah mama menciumnya?" Sekali lagi, ibunya menjawab, "Ya, saya pikir kita akan basah baunya seperti hujan.."

Danae menggelengkan kepalanya, menepuk bahu yang kurus ibunya dengan tangan yang kecil dan keras mengatakan, "Tidak, baunya seperti Dia. Baunya seperti Tuhan saat Anda meletakkan kepala Anda di dada-Nya."

Air mata mengalir dari mata Diana, Danae kemudian dengan gembira melompat turun untuk bermain dengan anak-anak lain sebelum hujan datang, kata-kata putrinya menegaskan apa yang Diana dan semua anggota keluarga Blessing sudah tahu, setidaknya di hati mereka, semua bersama.

Selama hari-hari panjang dan malam pertama dua bulan hidup ketika sarafnya terlalu sensitif bagi mereka untuk menyentuhnya, Tuhan memegang Danae di dada-Nya-dan itu adalah aroma mencintai-Nya bahwa ia ingat dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar