Selamat Datang

Kamis, 19 Januari 2012

Cerita Inspirasi : Batin dan Lautan Berombak


Swamiananda dan muridnya Ranga, sedang berjalan di pantai laut. Ini adalah hari yang dingin dan angin bertiup kencang di atas lautan, mengangkat gelombang sangat tinggi.
Setelah berjalan selama beberapa waktu, Swamiananda berhenti, memandang muridnya dan bertanya: "Apa laut berombak mengingatkan Anda?"

"Ini mengingatkan saya pada batin saya. Kesibukan dan pikiran gelisah", jawab Ranga.

"Ya, badai laut adalah seperti Batin, dan gelombang adalah pikiran. Batin adalah netral seperti air. Hal ini tidak baik, atau buruk. Angin yang menyebabkan gelombang, sebagaimana keinginan dan ketakutan menghasilkan pikiran", kata Swamiananda.

"Saya tidak ingin berada di perahu, di tengah laut, dalam badai seperti ini", kata Ranga.

"Anda berada di sana sepanjang waktu." Swamiananda menanggapi dan melanjutkan, "Kebanyakan orang di atas kapal tanpa kemudi di tengah samudra berombak, bahkan ketika mereka tidak menyadari hal tersebut, batin kebanyakan orang sangat gelisah … Pikiran dari semua jenis datang dan pergi tanpa henti, mengagitasi batin seperti gelombang laut. "

"Ya", Ranga memotongnya, "Kau tidak perlu memberitahu saya ini adalah alasan saya dengan Anda … Aku ingin menenangkan gelombang batin saya."

Swamiananda memandang Ranga untuk sementara waktu, tersenyum dan berkata: "Anda tidak menenangkan laut dengan menahan air dan tidak membiarkannya bergerak. Apa yang penting adalah untuk menghentikan angin. Angin terbuat dari pikiran Anda, keinginan dan ketakutan.. Jangan biarkan mereka mengatur hidup Anda. Belajarlah untuk mengendalikan mereka dengan mengendalikan perhatian Anda, dan kemudian lautan batin Anda menjadi tenang. "

"Dan bagaimana saya melakukannya?"

"Misalkan adalah mungkin untuk mengabaikan angin laut, apa yang akan terjadi kemudian?" tanya Swamiananda.

"Gelombang akan berhenti. Namun, tidak ada yang bisa menghentikan angin.."

Swamiananda menatapnya dengan senyum misterius dan berkata: "Mengapa tidak?  Angin, laut, dan pikiran-pikiran, semua dalam batin. Ketika Anda dapat mengendalikan batin, Anda dapat mengendalikan segala sesuatu di dalamnya. Tapi pertama-tama Anda harus mengendalikan Batin Anda, yang berarti Anda harus mengendalikan perhatian Anda. "

"Ya tuan", kata Ranga, "ini adalah apa yang saya coba lakukan,  Anda mengatakan siapa pun yang mengendalikan batin juga dapat mengontrol angin.. Dapatkah Anda melakukan itu?"

"Pertama belajar untuk menenangkan lautan batin Anda, dan kemudian mencari tahu apakah Anda bisa menenangkan laut. Lebih baik belajar untuk mengendalikan batin, daripada menikmati trik mental ... Ketika Anda menenangkan batin Anda, Anda bisa tenang segalanya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar